Sejarah Sepeda Gazelle

Posted: 14/08/2011 in Sejarah
Tag:, ,

Tahun 1892

Willem Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos disebuah desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan diri dan memulai usaha dagang sepeda dengan memesan sebuah sepeda di Inggris.

Usaha dagangnya berkembang dengan sangat bagus. Kolling kemudian memulai kerja sama dengan pengecer perangkat dari besi dan kompor Rudolf Arentzen dari Dieren.

Gazelle Fiet Fabriek

Tahun 1902

Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru ditempat berdirinya pabrik sekarang, dan memulai produksi sepeda.

Dalam tahun yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.

Gazelle motorbike

Tahun 1903

Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.

Tahun 1905

Meskipun perkembangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, Saudara Willem Kolling.

Gazelle heren 1912

Tahun 1912

Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan awal mereka dan dengan alat permesinan yang modern dan spesialis dalam pembuatan sepeda, maka rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya.

Mereka memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap.

Sementara itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting ditahun-tahun awal pendiriannya ini.

Gazelle headbadge 1916 masih menggunakan logo bertuliskan “Arentzen en Kolling – Dieren”

Tahun 1915

Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Jan Breuking mengganti nama perusahaan menjadi “N.V. GAZELLE Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling“.

Dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang mantap.

Permintaan dari Outlet domestik serta permintaan international meningkat secara signifikan.

Hal ini juga karena pasar yang berkembang bagi sepeda Gazelle di Indonesia, yang pada saat itu menjadi Koloni Belanda.

Gazelle dames 1915

Disamping sepeda-sepeda standar, beberapa sepeda bermotor, Delivery Bicycles dan Carrier tricycle ( sepeda muatan tiga roda ) diproduksi untuk berbagai sektor industri. Anda dapat melihat video promo pembuatan sepeda Gazelle pada tahun 1925 disini dan juga video part dua pembuatan sepeda Gazelle disini.

Tahun 1930-1931

Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V

Gazelle Dames 1916

Tahun 1931

Berbagai variasi merk Invicta muncul dalam katalog Gazelle, sementara itu merk Gelria juga diperkenalkan.

Tahun 1935

Gazelle memperkenalkan tandem pertama yang sangat populer dalam tahun-tahun sebelum perang dunia kedua. Pada tahun perkenalannya, 600 unit tandem segera terjual.

Tahun 1937

Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12 V dan didesain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka memproduksi 117 sepeda jenis ini.

Gazalle Kruisframe 1930

Tetapi sepeda jenis ini tidak pernah sangat populer. Seperti bagi banyak perusahaan Belanda lainnya, perang merupakan masa yang sulit bagi Gazelle, sebagian mesin pabrik dibongkar oleh tentara Jerman yang menduduki dan diangkut ke Jerman. Mesin yang masih tersisa diledakkan persis sebelum kedatangan sekutu.

Selain itu , Pabrik Willem Kolling menderita kerusakan hebat akibat perang. Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle pasca perang yang pertama tersedia dan pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan Clip-on Motor. Produksi Carrier Bicycle dan Carrier Tricycles diteruskan.

Gazelle Tandem 1938

Tahun 1954

Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan pribadi diubah menjadi In-corporation. Pada tahun yang sama, Gazelle telah membuat 1.000.000 sepeda.

Tahun 1959

Gazelle mempatenkan persneling sistem gigi 3-percepatan ​​dengan tuas geser (shifter).

Tahun 1963

Diawal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memenuhi harapan yang mendasari dan putus sesudah dua tahun.

Gazelle Kwikstep Folding Bike 1964

Tahun 1964

Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda pertama yang memperkenalkan sepeda lipat ( folding bike ) yang dinami “kwikstep“. Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, kwikstep dilipat pada sumbu horizontal dibawah siku-siku bawah (botoom bracket) tidak pada sumbu vertikal.

Tahun 1966

Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis modern yang tidak begitu berat. pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda Gazelle dibuat.

Tahun 1968

Gazelle mengambil alih merk Juncker, Simplex dan Locomotive serta merk moped terkenal Berini. Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang.

Gazelle juga memproduksi three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan) dan dengan rem teromol pada tahun 60-an. sesudah membuat sekitar 45.000-50.000 unit, produksi dihentikan diakhir tahun 60-an karena biaya yang tinggi.

Gazelle headbadge 1971 sudah menggunakan logo bertuliskan Rijwielfabriek – Dieren

Tahun 1971

Gazelle diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini sekarang adalah “Gazelle Rijwielfabriek B.V” sebuah perseroan terbatas swasta (private limited company).

Tahun 1980

Gazelle adalah yang pertama untuk memperkenalkan engkol poros pada gir depan dengan menggunakan bantalan bola (ball bearings).

Tahun 1987

TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp. Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di New York ini sekarang juga memiliki perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda Sturmey-Archer serta merk-merk sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff, Rixe, Winora dan Staiger.

Sumber: http://www.GazelleDames.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s